Rabu, 05 Februari 2014

Distro Linux Singkong Buatan Indonesia

Selain Etix, sebenarnya banyak distro lokal yang dikembangkan oleh para linuxer di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Kuliax, Singkong linux, dan BlankOn. Sebagai bentuk penghargaan terhadap sesama pengembang distro, akan dibahas bebarapa distro lokal yang bisa anda cicipi atau bisa anda pake. Karena banyak dari distro ini yang kemunculannya cuma sebentar dan terus “mati” maka hanya distro yang statusnya masih di support dan di kembangkan saja yang akan dibahas.

screenshot1
Singkong Linux adalah distro turunan dari Slackware yang di kembangkan oleh sdr Noprianto. Distro ini membawa xfce sebagai desktop default dengan sederet aplikasi Desktop diantaranya Abiword, gnumeric, Mplayer,GIMP dan aplikasi database seperti postgreSQL, MySQL dan sqllite.
Feature lain yang tidak ada di distro induknya diantaranya xCHM(ebook reader), Xmame( game classic),wine( emulator windows) sehingga aplikasi windows bisa berjalan, dan Opera. Singkong linux sangat cocok dipakai pada spesifikasi komputer PIII atau yang lebih rendah. Selain feature diatas, singkong linux juga menyertakan tool tool development seperti PHP,QT,Glade, Ultimate++ dan tool lainya. sepertinya, distro ini dikembangkan oleh noprianto untuk kebutuhan sehari harinya dimana distro ini dipakai untuk coding dan menulis artikel untuk majalah infoLinux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar